Gitar Bass Jokowi Dipajang KPK
Credit by: Bas Jokowi yang diberikan Bassist Metallica (Ist)

Jakarta,PINews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memajang Gitar bass bermerek Ibanez berwarna merah marun milik Joko Widodo di galeri gratifikasi. Gitar itu dipajang per hari ini, Rabu (17/9).

Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha mengamini hal tersebut. Gitar itu merupakan pemberian bassist Metallica, Roberto Trujilo kepada Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. "Benar, itu milik Jokowi. Iya (dipajang di galeri gratifikasi) per hari ini," kata Priharsa Nugraha.

Jokowi yang merupakan presiden terpilih Republik Indonesia sebelumnya pernah melaporkan pemberian gitar bass dari Roberto Trujilo pada Mei 2013 lalu. Gitar diperoleh setelah Metalica menggelar konser di Jakarta.

Gitar bas bermerek Ibanez berwarna merah marun yang diberikan kepada Jokowi itu juga dibubuhi tanda tangan Robert Trujillo beserta sebuah pesan singkat bertuliskan, "Giving back! To Jokowi: Keep playing that cool, funky bass!.

Dari hasil penelitian, KPK menyatakan gitar bas yang pernah diberikan pemain bas grup band rock asal Amerika Serikat (AS) Metallica Robert Trujillo kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) merupakan bentuk gratifikasi.

"Gitar itu merupakan pemberian terkait jabatan yang diberikan oleh pihak promotor Jonathan Liu kepada Jokowi. Jadi, gitar itu milik negara," kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono usai bertemu dengan Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Mei silam.

Editor: Rio