Pertamina Lubricants Siap Masuk Top-15 Perusahaan Pelumas Dunia
Credit by: Suasana salah satu pabrik Pelumas (Ist)

Jakarta, PINews.com – Pertamina siap menjadi perusahaan besar dunia disegala bidang migas. salah satu anak perusahaan yakni PT Pertamina Lubricants yang bergerak di sektor pelumas, menargetkan untuk masuk ke dalam 15 perusahaaan pelumas terbesar dunia pada tahun 2018 yang didukung oleh penguatan penguasaan pangsa pasar domestik dan ekspansi ke luar negeri.
  
Direktur Operasi Pertamina Lubricants Andria Nusa mengatakan bahwa saat ini Pertamina menguasai sekitar 60% pangsa pasar domestik. Jika dibandingkan dengan beberapa negara di Dunia maka Pertamina Lubricant merupakan satu-satunya perusahaan pelumas di dunia yang mampu mendominasi pasar domestiknya dengan share di atas 50%. Selain itu, Pertamina Lubricants juga telah melebarkan pangsa pasar dengan merambah ke 24 negara tujuan ekspor di lima benua.
  
“Penerimaan pasar domestik dan juga luar negeri yang bagus pada produk Pertamina Lubricants menjadi bukti bahwa kualitas pelumas kami semakin dipercaya sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Melihat tren tersebut kami yakin Pertamina Lubricants tahun depan akan masuk ke dalam jajaran 20 perusahaan pelumas terbesar di dunia dan selanjutnya kami optimis akan terus merangsek ke dalam jajaran 15 besar pada 2018,” tegas Andria.
  
Andria menjelaskan untuk mencapai aspirasi tersebut Pertamina Lubricants menargetkan penguasaan pangsa pasar dunia sebesar 1,35% pada 2015 dan meningkat menjadi 1,82% dengan volume penjualan hingga 1 juta KL per tahun. Hal itu akan dicapai melalui penguatan pangsa pasar domestik dan agresivitas ekspansi ke luar negeri di mana nilai pasar pelumas Pertamina pada 2013 telah mencapai US$1,3 miliar. 

Untuk memperkuat penetrasi pasar luar negeri tersebut, Pertamina akan menggenjot pasar di China, pertambangan Australia dan perusahaan pelayaran di Timur Tengah dan membangun jaringan global yang kuat. Secara khusus, Untuk penetrasi di pasar IndoChina, Pertamina Lubricants akan mengelola pabrik produksi baru di Thailand. 
   
“Tahap selanjutnya, Pertamina Lubricants akan mewujudkan pasar yang berkelanjutan di Eropa dan membangun jaringan pasar di pelayaran internasional yang lebih luas,” terangnya.
  
Untuk itu, setidaknya terdapat empat pilar yang menunjang pertumbuhan bisnis pelumas Pertamina, yaitu komitmen tinggi dalam menjaga kualitas produk seiring dengan tuntutan konsumen, perbaikan terus menerus terhadap pelayanan kepada konsumen, efisiensi biaya untuk meningkatkan daya saing melalui manajemen rantai distribusi yang excellence, dan keamanan pasokan.

Editor: Rio Indrawan