AS Sukses Jungkalkan Ghana 2-1
Credit by: Para pemain AS merayakan gol cepat Dempsey (AFP)

Jakarta, PINews.com - Amerika Serikat berhasil jungkalkan Ghana 2-1 dalam laga Grup G Piala Dunia Brasil 2014. Kemenangan AS diraih pada menit terakhir babak II setelah tandukan pemain pengganti John Brooks merobek jala gawang Ghana yang diawali dari tendangan sudut.

Ghana sendiri sebenarnya sudah tertnggal sejak babak I karena gol kilat yang dilesakan Clint Dempsey saat pertandingan baru berjalan 30 detik. Gol tersebut memecahkan rekor gol tercepat yang terjadi pada perhelatan Piala Dunia tahun ini.

Setelah tertinggal satu gol Ghana terus mengurung pertahanan AS sepanjang babak pertama, namun usaha Asamoah Gyan dkk belum menemukan hasil. Pasukan Ghana harus menunggu hingga menit 82 untuk menyamakan kedudukan melalui Andre Ayew yang mendapatkan umpan dari Gyan.

Ghana pun bernafsu untuk membalikkan kedudukan, akan tetapi gol Brooks memupuskan harapan mereka. Seperti dilansir kantor berita Antara statistik FIFA menunjukkan, sebenarnya Ghana mendominasi permainan dengan menguasai 59 persen distribusi bola dan melepaskan umpan hampir dua kali lipat lebih banyak dari AS dengan 425 berbanding 264.

Ghana yang terus menekan sejak kebobolan pada menit pertama babak pertama, menghujani 63 serangan berbahaya yang 21 diantaranya berupa upaya gol dan 13 diantaranya tepat menyasar gawang.

Sebaliknya AS hanya 19 kali melakukan serangan berbahaya, 8 upaya gol dan 6 upaya tepat menyasar gawang.

Editor: Rio Indrawan