Mobil Tahanan Atut Dilempari Demonstran
Credit by: Sekelompok orang yang mengatasnamakan Foros Banten (Front Revolusioner Selamatkan Banten). (Kompas)

Jakarta, PINews.com - Puluhan massa dari Front Revolusioner Selamatkan Banten menggelar aksi demonstrasinya di depan gedung Pengadilan Tipikor, Jakarta. Aksi tersebut bertepatan dengan sidang perdana Ratu Atut Chosiah dengan agenda pembacaan surat dakwaan oleh Jaksa KPK.

Aksi tersebut awalnya berjalan damai, demonstran yang dominan memakai kaos warna merah itu tertib melakukan aksinya dengan berbaris di lajur lambat mengarah ke Plaza Festival. Namun, aksi tersebut sempat memanas sesaat mobil tahanan yang ditumpangi Atut hendak bertolak meninggalkan Pengadilan Tipikor Jakarta.

Dari luar halaman pengadilan Tipikor, mereka berteriak-teriak 'maling keluar'. Mobil tahanan KPK yang membawa Ratu Atut dilempar botol mineral oleh salah satu pendemo yang berdiri di luar pagar Pengadilan Tipikor. Mereka juga berusaha mendekati mobil tahanan yang ditumpangi Atut.

Sempat terjadi kericuhan saat pendemo berbaju merah diamankan polisi. Seseorang diduga dari kubu Atut langsung menghardik pendemo.

Bagusnya, aksi memanas itu segera diredamkan aparat kepolisian dengan berusaha menghalangi para demonstran yang hendak mendekati mobil tahanan yang ditumpangi Atut. Para pendemo itu akhirnya memilih mundur dari pagar dan meninggalkan Pengadilan Tipikor.

Sebelumnya, Ratu Atut didakwa menyuap Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat itu M Akil Mochtar sebesar Rp 1 miliar. Suap diberikan terkait penanganan gugatan hasil penghitungan suara Pilkada Lebak, Banten, di MK.

Editor: Rio Indrawan