Meski Menguasai Bola, Italia Ditekuk Swedia 1-0
Credit by: internet

Jakarta, PINews.com – Kesebelasan Italia menelan kekalahan dengan skor 0-1 atas Swedia pada pertandingan leg pertama playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa yang digelar di Friends Arena, Swedia, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu pagi WIB.

Kekalahan ini membuat Italia setidaknya harus menang dengan selisih dua gol pada pertandingan leg kedua jika ingin lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia.

Dilansir dari laman UEFA, Italia sebenarnya menikmati kepemilikan bola sebesar 64% sepanjang pertandingan dengan melepaskan delapan sepakan ke gawang namun pasukan Gian Piero Ventura itu gagal memaksimalkan setiap peluang yang ada.

Italia pun dalam ancaman absen di putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1958.

Sebaliknya, dengan penguasaan bola yang minim dan hanya melepaskan tiga sepakan on-target, Swedia mampu mencetak satu gol dari sepakan pemain pengganti Jakob Johansson saat pertandingan memasuki menit ke-61.

Gol yang merupakan pertama kalinya dicetak Jakob Johansson untuk timnas Swedia itu tercipta setelah sepakan gelandang bertahan klub Yunani AEK Athens itu melepaskan sepakan dari luar kotak penalti.

Bola meluncur deras dan kemudian mengenai tubuh De Rossi sehingga membuat Buffon terkecoh untuk bergerak ke sisi kanan sedangkan bola masuk ke sudut kiri gawang Italia.

Italia memiliki dua peluang emas, pertama saat bola hasil tandukan Belotti membetur mistar gawang pada menit ke-6 dan sepakan bek Matteo Darmian yang juga dihentikan tiang gawang pada menit 70.

Menjelang laga berakhir, Swedia pun bertahan sekuat tenaga untuk menghentikan peluang Italia yang tercipta dari sisi sayap melalui pergerakan Antonio Candreva, Lorenzo Insigne dan Matteo Darmian. Skor 1-0 untuk kemenangan pasukan Janne Andersson pun bertahan hingga laga usai, demikian UEFA.

Laga leg kedua playoff akan digelar pada 14 November di San Siro, Italia.

Susunan pemain:

Swedia: Olsen (GK), Lindelöf, Granqvist (C), Augustinsson, S. Larsson, Ekdal, Berg, Forsberg, Krafth, Claesson, Toivonen

Italia: Buffon (GK) (C), Chiellini, Darmian, Parolo, Bonucci, Barzagli, De Rossi, Candreva, Verratti, Belotti, Immobile

Editor: HAR