Enduro Goes to School, Dukung Vokasi Industri Link & Match

Jakarta-PINews.com,- Pemerintah telah memprioritaskan pengembangan program vokasi industri yang menitikberatkan integrasi pembelajaran  di sekolah kejuruan dengan praktik kerja di Industri. Merespon hal tersebut serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) yang disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini,  PT Pertamina Lubricants meluncurkan program “Enduro Goes to School’.

Program vokasi industri ini dilakukan dengan menggandeng empat sekolah Menengah kejuruan (SMK) terpilih di Malang, Jawa Timur untuk diikutsertakan dalam masa pendidikan khusus di balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Singosari, Malang. Masing-masing sekolah mengirimkan 10 siswa terbaik mereka.

”Kami menggandeng empat SMK yang tidak hanya fokus pada industri otomotif, namun juga ada yang fokus dibidang kimia. Kejuruan ini sangat dekat dengan core business kami. Baik bekerja dipabrik pelumas, lab penelitian, maupun di dunia perbengkelaan. Kami memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi dalam peningkatan kompetensi dan kualitas tenaga muda produktif Indonesia serta meningkatkan kesiapan mereka bekerja pada industri otomotif yang terus berkembang dan semakin menantang kedepannya,” demikian disampaikan  Mikael Renanda, Sales Area Manager Retail Malang PT Pertamina Lubricants.

Dalam program “Enduro Goes to School” ini, 40 siswa SMK terpilih akan mengikuti kelas selama lima (5) hari di BLKI. Siswa akan diajarkan berbagai ilmu dan pengetahuan meliputi kewirausahaan dunia perbengkelan / otomotif, kemandirian wirausaha, teknis pemasaran, teknik otomotif oleh BLKI, capacity building oleh Komando Distrik Militer (KODIM) dan tentunya teknik pelumas dan pelumasan pada kendaraan dan product knowledge yang akan diajarkan olehtim technical specialist dan marketing dari Intergrated Lubrication Management Academy (ILMA) milik PT Pertamina Lubricants.

 Selain itu, Sales Region V Surabaya juga akan mengajak siswa untuk lebih mengenal proses bisnis pembuatan pelumas Pertamina dengan melakukan kunjungan ke Production Unit Gresik, satu dari empat pabrik pelumas yang dimiliki oleh PT Pertamina Luricants.

“Kami berharap pembekalan ini dapat memberikan pengalaman dan ilmu yang bermanfaat untuk mereka agar memiliki nilah tambah ketika memasuki dunia industri yang sebenarnya. Materi seperti kewirausahaan dan Ilmu pelumas dan pelumasan merupakan materi tambahan yang tentunya sangat vital dalam dunia otomotif.” Lanjut Mikael Renanda

Pada kesempatan ini, PT Pertamina Lubricants menyerahkan secara simbolis paket sarana pendidikan berupa tas kepada empat siswa perwakilan masing-masing SMK. SMK antara lain SMK 1 Muhammadiyah, SMKN 6 Malang, SMKN 7 Muhammadiyah dan SMK Putra Indonesia.

Untuk pembinaan tenaga muda produktif, PT Pertamina Lubricants juga memiliki program kepedulian masyarakat berbasis Corporate Social Responsibility (CSR) dan Creating Shared Value (CSV) yakni Enduro Student Program (ESP)  yang telah berjalan di Cilacap, Gresik dan Blora.

 ESP berfokus pada sektor pendidikan berupa peningkatan pendidikan bidang otomotif sepeda motor dan kewirausahaan bengkel mandiri. Tujuannya adalah untuk mencetak wirausaha tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif khususnya dunia perbengkelan. Pada program ESP, peserta diberikan pelatihan teknik sepeda motor bersama Balai Latihan Kerja Industri (BLKI), praktek kerja (magang) dan mentorship oleh bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants, pelatihan kewirausahaan, serta pendampingan usaha perbengkelan.

“Selain di Sales Region V, region lainnya seperti Jawa Tengah juga akan melakukan program vokasi industri link & match serupa dan menggandeng berbagai SMK lainnya. Semoga program vokasi industri link & match Enduro Goes to School ini dapat membantu siswa untuk mencari pekerjaan dengan daya saing yang lebih,” jelas Mikael .

 

Editor: