Kereta Api Cepat Bantu Akses bagi Pengembangan Wilayah Walini
Credit by: Ilustrasi maket kereta cepat Bandung-Jakarta (Ist)

Jakarta,PINews.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) akan mengembangkan kampus berkonsep techno-park di daerah Walini, Purwakarta. Kehadiran moda transportasi kereta cepat Jakarta-Bandung, dimana Walini menjadi salah satu tempat persinggahan, tentu akan sangat membantu akses ke kampus ini.

“Adanya rencana pemerintah membangun jalur kereta cepat  akan mendorong kami untuk segera membangun kampus ini.  Jika selama ini Jakarta-Bandung butuh 3 jam bahkan lebih maka dengan kereta cepat hanya butuh 36 menit. Tentu akan sangat membantu dari sisi akses dan koneksi,” tutur Rektor ITB Kadarsyah Suryadi, saat dihubungi, Minggu (11/10).

Dia mengaku menyambut baik rencana pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung. Menurutnya, sudah saatnya Indonesia memiliki angkutan masal dan kereta cepat bisa jadi salah satu solusinya. “Nilai tambahnya selain cepat dan bisa menjadi solusi atas permasalahan kemacetan, juga lebih ramah lingkungan dan membantu Pemerintah menekan konsumsi BBM. Sudah saatnya Pemerintah membangun transportasi yang tidak menggunakan BBM karena produksi minyak kita sudah terus menurun,” tegasnya.

Pengembangan kota Walini, Cikolang sudah dibicarakan sejak empat tahun silam oleh PT Perkebunan Nasional (PTPN), Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan ITB. Di area perkebunan yang sudah tidak produtif tersebut akan dibangun berbagai proyek salah satunya adalah Kampus ITB dengan konsep tecno-park yang ramah lingkungan dimana dunia perguruan tinggi bisa langsung terkoneksi dengan dunia industri. “Konsep ini sangat membantu  meningkatkan inovasi dan peningkatan kualitas SDM.  Di sini perguruan tInggi tidak lagi sebagai tempat pendidikan tetapi juga penelitian dan inovasi” papar Kadarsyah.

Selain itu, kampus baru dan kegiatan lainnya di Walini akan mendorong pertumbuhan pemukiman dan pusat ekonomi baru. Hal ini, kata Kadarsyah, sudah terbukti dengan pertumbuhan kawasan Jatinangor setelah ada Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) dan ITB.  “Kami dari ITB sudah menyatakan akan mendukung dengan rencana ini khusus dalam pengembangan Walini. Dan kehadiran kereta cepat Jakarta-Bandung pasti akan mempercepat pertumbuhan ekonomi di sana,” katanya.

Editor: RI