Pac-man Ajukan Diri Jadi Senat Filipina
Credit by: Manny Pacquiao (Ist)

Jakarta, PINews.com - Pahlawan tinju Filipina Manny Pacquiao mengatakan bahwa ia berencana mencalonkan diri untuk salah satu posisi berpengaruh di Senat Filipina meskipun ia masih menjalani tugasnya sebagai anggota kongres.

Pac-man, sapaan Pacquiao sebelumnya diisukan mencalonkan diri sebagai presiden Filipina.karirnya di dunia politik memang bisa dibilang secemerlang di atas ring tinju.

Ia mengumumkan akan mencalonkan diri sebagai calon yang memperebutkan 24 kursi kamar atas Filipina pada Mei 2016, sebagai respon atas beragam reaksi dari para penggemar.

"Ya, saya akan akan mencalonkan untuk posisi senat pada pemilu tahun 2016 mendatang. Tapi dari partai yang mana, masih akan ditentukan nanti," katanya.

Pacquiao, 36, memanfaatkan popularitas dirinya di dunia olahraga untuk dipilih menjadi anggota kongres dari kabupaten miskin di Filipina Selatan pada tahun 2010, meskipun dia harus membayarnya dengan jadwal berlatih dan terjun sebagai pelatih di basket di liga kompetitif negara itu..

Dia telah memenangkan delapan gelar juara dunia di kelas yang berbeda namun kemudian kalah di pertarungan termahal dalam sejarah tinju dengan keputusan bulat wasit yang memenangkan lawanya dari Amerika Floyd Mayweather di Las Vegas pada bulan Mei.

Sementara masih mempertahankan popularitasnya di kalangan penggemar olahraga, Pacquiao telah dikritik keras untuk kinerjanya sebagai anggota DPR, di mana dia termasuk sebagai salah satu diantara legislator yang paling sering absen.

Sebagai anggota kongres, Pacquiao dipilih oleh pemilih dari tingkat distrik, tapi di Filipina, sebagai senator ia akan dipilih secara nasional dan menimbulkan tantangan yang lebih besar.

Editor: RI