Kemenag Jamin Layanan Jemaah Haji Di Arafah Meningkat
Credit by: Persiapan menyambut jemaah haji (antara)

Arafah, PINews.com - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan sarana dan prasarana untuk jemaah dalam pelaksanaan puncak haji di Arafah dan Mina yang tinggal seminggu lagi sudah ditingkatkan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah ada peningkatan kualitas layanan haji (tahun ini)," kata Menag di Makkah, Arab Saudi, Rabu, usai memantau persiapan sarana dan prasarana mulai dari tenda, toilet, karpet, dan lain-lain di Arafah dan Mina.

Ia mencontohkan karpet untuk tenda di Arafah yang semula berupa hambal kotak-kotak berwarna biru dan orange yang tipis dan berdebu, kini diganti dengan karpet bercorak merah yang lebih tebal dan bersih.

"Selain itu ada penyejuk udara dalam tenda," ujar Menag yang dalam kunjungan tersebut juga didampingi oleh 11 anggota Amirul Hajj.

Keberadaan penyejuk udara (air cooler) itu dinilainya sangat penting untuk membuat jemaah merasa nyaman di tengah terik matahari pada saat wukuf nanti.

"Khususnya untuk jemaah yang sudah tua, karena diperkirakan suhu udara pada saat wukuf bisa mencapai 50 derajat," kata di.

Pada kesempatan itu, Menag dan rombongan dipandu Ketua Muasassah Asia Tenggara Muhammad Amin Hasan Indragiri, juga mengunjungi dapur dan toilet yang akan digunakan jemaah pada saat Arafah dan Mina.

Di Mina, Menag menemukan ada toilet yang kerannya bocor dan langsung meminta kepada Maktab (pelaksana operasional akomodasi di lapangan) agar memperbaiki keran yang bocor tersebut.

"Mereka janji akan memperbaiki keran-keran yang bocor itu," katanya.

Ia juga memastikan bahwa layanan katering untuk jemaah bisa terlayani dengan baik. Pada puncak ibadah haji di Armina itu, jemaah akan mendapat tiga kali makan sehari, serta perlengkapan tambahan untuk kopi dan teh.

"Karena itu disiapkan air panas 24 jam bagi jemaah yang ingin minum teh, kopi, dan lainya yang membutuhkan air panas," ujar dia.

Editor: RI