Aktivitas Gunung Raung Mulai Muntahkan Lava Pijar Setinggi 100 M
Credit by: Gunung Raung (bondowoso.go.id)

Banyuwangi, PINews.com - Gunung Raung di Jawa Timur menunjukkan tanda peningkatan aktivitas. Kali ini aktivitas Gunung yang berada di beberapa kota itu memuntahkan material pijar atau strombolian setinggi 100 meter dari puncak.

Sebelumnya letusan di Raung hanya terlihat sinar api. “Dari pos pengamatan terlihat lontaran material pijar yang tingginya kurang lebih 100 meter dari puncak," kata seorang pengamat pada Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur,seperti dilansir kantor berita Antara.

Lebih lanjut pengamat menerangkan bahwa material itu masih jatuh ke kawah (kaldera) Gunung Raung dan tidak keluar kaldera.

Gunung Raung memiliki tipe strombolian yakni gunung api yang letusannya mengeluarkan lava yang cair tipis, tekanan gas yang sedang, dan letusan bermaterial padat, gas, serta cairan. Letusan ini umumnya tidak terlalu kuat, namun terjadi terus menerus dalam waktu lama.

Strombolian adalah salah satu jenis letusan gunung api yang disertai dengan lontaran lava pijar secara vertikal dan terjadi terus menerus dalam beberapa detik atau menit.

Editor: RI