PT Pertamina EP Rantau Salurkan Bantuan Solar Cell Untuk Terangi Dusun Tualang
Credit by: Suasana Dusun Tualang setelah dialiri listrik dari teknologi Solar Cell hasil dari bantuan PT Pertamina EP (PIN)

Langkat, PINews.com - Upaya PT Pertamina EP dalam membantu masyarakat yang berada di wilayah operasinya terus dilakukan. Kepedulian terhadap lingkungan ini dilakukan dengan memasangkan lampu solar cell di Dusun Tualang,desa Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat.

Lokasi ini dipilih lantaran sudah enam puluh sembilan tahun di Dusun Tualang sama sekali belum dialiri listrik pemerintah. Selain itu, Dusun ini berdekatan dengan beberapa sumur produksi Rantau Field.

Corporate Sosial Responsbility Rantau Field Dedi Zikrian di Dusun Tualang mengatakan hal ini sejalan dengan program CSR pertamina  yang  berawawasan lingkungan, Pertamina EP berupaya melakukan sesuatu yang positif dengan memberikan bantuan solar cell dimana bantuan ini dapat diharapkan menjadi energi aletrnatif yg dapat menerangi dusun Tualang.

“Jumlah solar cell yang berada di dusun Tualang ada sembilan tiang lampu solar cell dan satu solar cell untuk rumah kita letakkan di masjid, jadi totalnya ada sepuluh” kata Dedi.

Dusun Tualang di huni oleh 60 rumah yang terdiri dari 84 kepala keluarga, selama ini warga memanfaat kan listrik yang berasal dari mesin generator, dan mesin generator mulai dinyalakan dari pukul 18.00-24.00 WIB. Rumah yang ingin mendapat aliran listrik diharuskan membayarkan iuran sebesar Rp 7000 / malam.

“Di waktu malam hari sebelum ada lampu yg diberikan oleh PT Pertamina EP, dusun saya setiap lewat dari jm 12 malam itu seperti kampung mati, gelap”, tutur kepala dusun Tualang, Juanda.

PT Pertamina EP mulai menyalurkan bantuan listrik solar cell sejak Desember 2014. Dalam hal ini PT Pertamina EP Rantau Field bekerjasama dengan LP3M Universitas Sumut, untuk memberikan wawasan mengenai apa itu solar cell dan teknik sederhana cara merawatnya.  Sehingga masyarakat tidak hanya menerima solar cell tetapi tahu bagaimana merawat dan memperbaiki solar cell di masa depan.

Editor: RI