Bahaya, Penggunaan Smartphone Bisa Sebabkan Penuaan Dini?
Credit by: Ilustrasi penggunaan smartphone (Ist)

Jakarta, PINews.com - Anda pasti sudah sudah mengetahui penggunaan gadget seperti smartphone dan tablet secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Tapi tahukah anda bahwa selain kesehatan smartphone dan tablet juga ambil bagian dalam proses penuaan dini. Bagaimana bisa?

Para ahli dermatologi baru-baru ini menarik kesimpulan cukup mengejutkan bagaimana aktifitas menggunakan smartphone yang terlalu sering yakni dengan  leher membungkuk ketika melihat layarsmartphone dapat menyebabkan kulit di area sekitar leher cepat kendur. Kondisi ini dijuluki dengan sebutan 'tech-neck'.

“Masalah kulit keriput dan kendur dari rahang dan leher biasanya dimulai pada akhir usia pertengahan. Namun, 10 tahun terakhir ini fenomena 'tech-neck' menjadi masalah bagi generasi wanita muda," kata Konsultan Dermatologi London Clinic, Dr Christopher Rowland Payne, seperti dilansir dari Telegraph.

Dari penelitian diperoleh data rata-rata setiap wanita berusia 19-39 tahun melihat layar smartphonenya sekitar 150 kali setiap hari. Kebiasaan itulah yang dipercaya mempercepat dampak gravitasi dan hilangnya elastisitas kulit. 

Editor: RI