Aslinya Berjilbab, Foto Cut Nyak Dien Selama Ini Dipalsukan?
Credit by: Foto Cut Nyak DIen (facebook)

Jakarta, PINews.com - Mendengar sosok Cut Nyak Dien pasti anda mengigat sosok berparas cantik khas tanah Aceh dengan sanggulnya. Foto itu sudah biasa kita lihat saat masih kecil terutama di ruang kelas sekolah dasar.

Akan tetapi baru-baru ini sebuah polemik terkait Cut Nyak Dien menjadi perbincangan hangat di jagad dunia maya. Pemilik akun Seuramoe Mekkah menampilkan foto Cut Nyak Dien yang lain dari yang sering kita lihat, akun tersebut memiliki foto pahlawan perempuan Aceh itu dengan menggunakan hijab panjang.

Dalam akun Facebooknya Seuramoe Mekkah mengecam pemerintah sekuler menyesatkan sejarah Aceh. Tujuannya menurut dia ingin menyesatkan generasi muda Aceh. "Jahatnya skenario kaum penjajah,terus ditanamkan kepada anak-anak bangsa Aceh, sehingga sejarahpun diplintirkan dan disuguhkan dengan bahasa yang manis," tutur dia di akun Facebooknya.

Tidak hanya itu, situs intriknews terdapat postingan bertuliskan, “Foto Asli Cut Nyak Din, lengkap dengan hijab dari Kerajaan Islam Aceh Darus Salam. Bedakan dengan gambar di buku sejarah sekolah!”

Sementara itu, salahsatu situs komunitas terbesar di Indonesia juga membicarakannya. “Fakta yang kami temukan, foto yang diambil tahun 1903 tersebut, sebagaimana dikoleksi KITLV Belanda, adalah foto istri Panglima Polim,” tulis seorang Kaskuser.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari pemerintah atau pihak terkait. Kita tunggu saja kebenaran dari sosok pahlawan yang selama ini kita kenal.  

Editor: RI