Semburan Lumpur Terjadi di Sumur Pertamina Cepu
Credit by: Ilustrasi

Blora, PINews.com - Warga Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dikejutkan dengn munculnya semburan gas disertai lumpur di areal persawahan dan hutan. Semburan itu berada tak jauh dari lokasi sumur NGBT4 milik Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK).

Hingga hari ini (28/12) data yang dihimpun oleh Portalindonesianews.com bahwa total titik semburan berjumlah sekitar 20 titik baik di area persawahan maupun hutan jati. Rata-rata semburan berdiameter 0,5 meter hingga 2 meter dengan ketinggian maksimal 10 meter.

Namun ungkap seorang warga jiken, untuk yang berada di area persawahan semburan lumpur sudah mulai berkurang, kecuali semburan gas yang berada di wilayah milik perhutani yang mencapai 10 meter semburan gas.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas Polsek Jiken, Sabtu pagi (27/12) telah memasang police line agar warga tidak mendekati area semburan lumpur dan gas. Terlebih semburan tersebut mengeluarkan bau gas menyengat yang ditakutkan bisa mengganggu kesehatan.

Sementara itu, salah satu anggota Satuan Penanggulangan Bencana (Satgana) PMI Blora, Agung Tri mengungkapkan bahwa timnya siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengevakuasi warga terkait bahayanya semburan tersebut.

"Kami sudah cek lokasi bersama Satgana Kecamatan Jiken. Semburan ada 20 titik dan belum membahayakan pemukiman penduduk," katanya. Hingga saat ini belum ada penjelasan dari pihak yang terkait mengenai semburan gas tersebut.

Editor: RI