Stres ? Ayo Konsumsi Teh Hijau dan Ubi-Ubian
Credit by: Ilustrasi

Jakarta,PINews.com - ​Jelang akhir tahun pekerjaan menumpuk dan banyak target yang harus diselesaikan. Umumnya orang mengalami stres dan banyak yang meredam dengan makan-makanan yang tidak teratur. Hal ini bisa saja dilakukan asal makanan yang dikonsumsi terkontrol nutrisinya. Lebih baik lagi jika makanan tersebut punya sejumlah nutrisi peredam stres.

Selain cokelat dan oatmeal, beragam makanan ini juga bisa meredam stres, membuat tubuh lebih santai dan nyaman.

  1. Yogurt. Yogurt ​tawar​ dan rendah lemak merupakan sumber protein dan kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi neurotransmitter agar menimbulkan perasaan ​nyaman.​ Y​ogurt juga sebagai sumber antioksidan dan vitamin C yang bisa meningkatkan daya tahan t​ubuh.​
  2. Teh hijau. Sebuah ​studi pada tahun 2011 menyebutkan L-theanin merupakan sejenis asam amino yang terdapat pada teh hijau​ ​mampu meredakan mood ​yang turun karena ​tekanan​ pekerjaan​. Kafein yang terdapat pada teh hijau mampu membuat Anda tetap fokus dan tenang.
  3. Wine. Wine mampu menurunkan tekanan darah dan menetralisir kembali perasaan ​tak nyaman​. Senyawa flavanoid dan antioksidan juga terdapat pada wine. Mengonsumsi wine seperlunya saja sekitar satu gelas untuk mengurangi rasa stres.
  4. Kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang pistac​h​io, kacang mete, kacang almond, walnut, dan biji labu mengandung serat, antioksidan, dan asam lemak yang mampu menurunkan tekanan darah.

Omega-3 yang terdapat pada kacang jenis walnut bisa meredakan ​stres​, selenium d​alam ​kacang mete dan almond bisa meningkatkan mood, dan zat triptofan pada biji labu bisa me​micu​ otak untuk membuat serotonin.

Editor: RI