Jamkrindo Rayakan Hari Kemerdekaan Bersama Masyarakat Gorontalo

Penulis: Alamsyah - Waktu: Sabtu, 18 Agustus 2018 - 13:53 PM

Jakarta-PINews.com,- Perum Jamkrindo merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia bersama masyarakat Provinsi Gorontalo. Peringatan Proklamasi Kemerdekaan bertajuk BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) ini diisi dengan serangkaian kegiatan yang melibatkan masyarakat, pelajar dan pegawai BUMN, TNI dan Polri. Berbagai kegiatan diadakan  seperti upacara kemerdekaan, jalan sehat, berbagai macam perlombaan, pembersihan pantai, pasar murah, hingga penyerahan bantuan bina lingkungan berupa elektrifikasi listrik untuk masyarakat setempat, kegiatan pemberian bantuan taman bacaan, pembangunan MCK dan pasar murah sembako.

BHUN merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN sejak tahun 2015 sebagai wujud kehadiran BUMN untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok Nusantara. Untuk tahun ini, Perum Jamkrindo mendapatkan amanah sebagai kordinator pelaksana kegiatan BHUN di Provinsi Gorontalo bersama dengan Perum Perumnas sebagai wakil kordinator.

”Kami berharap perayaan Proklamasi Kemerdekaan ini dapat lebih mendekatkan hubungan badan usaha milik negara dengan masyarakat sekitar sehingga peran BUMN sebagai agen pembangunan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat di berbagai wilayah di Tanah Air,” kata Direktur Utama Perum Jamkrindo Randi Anto, Jumat (17/8/2018) di Gorontalo.

Acara puncak pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh tim Paskibraka terbaik Kota Gorontalo di Lapangan Center Point dengan melibatkan sekitar 500 peserta. Sebagai rangkaian kegiatan untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan, pada pada Sabtu (18/8/2018), Perum Jamkrindo juga mengadakan kegiatan jalan sehat dengan jumlah peserta sekitar 2.000 orang, dan berbagai perlombaan dengan beragam doorprize menarik, mulai dari sepeda motor, sepeda, kulkas, handphone, hingga tabungan emas. 

Sebelumnya, Perum Jamkrindo juga telah melakukan program pertukaran pelajar bertajuk Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Dalam program SMN, Perum Jamkrindo mengirimkan 24 siswa terbaik di Provinsi Gorontalo ke Lampung selama tujuh hari dalam program pertukaran pelajar agar saling mengenal keanekaragaman budaya dan kekayaan alam antarprovinsi. Sebanyak 3 siswa di antaranya merupakan siswa berkebutuhan khusus, tetapi perjalanan mereka didampingi oleh pengawalan guru serta Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo.  

Sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan, Perum Jamkrindo mendukung pengembangan perekonomian nasional. Didirikan sejak tahun 1970, Perum Jamkrindo dipercaya menjadi lokomotif pertumbuhan usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) di Indonesia melalui usaha penjaminan. Perum Jamkrindo mencatatkan kinerja penjaminan yang positif hingga semester I-2018. Volume penjaminan kredit pada Semester I/2018 tercatat sebesar Rp 86,298 triliun atau tumbuh 22,5  persen. Adapun, total aset Jamkrindo sepanjang semester I-2018 mencapai Rp 15,132 triliun.

 

Editor: