MedcoEnergi Jadi Operator Area Eksplorasi Terbesar di Oman

Penulis: - Waktu: Jumat, 21 November 2014 - 11:12 AM
Credit by: MedcoEnergy

Jakarta, PINews.com - PT Medco Energi Internasional Tbk, melalui anak perusahaannya, Medco Arabia Ltd, telah menandatangani perjanjian kontrak blok eksplorasi dan produksi baru di Oman. Dalam konsorsium ini, MedcoEnergi memiliki mayoritas  hak partisipasi  kepemilikan serta menjadi operator Blok Oman 56. 

Kepastian kontrak tersebut disampaikan Medco melalui siaran pers yang diterima pada kamis (21/11). Blok Oman 56 berada di di cekungan hidrokarbon yang produktif, Oman Salt Basin dan merupakan salah satu area eksplorasi terbesar di Oman. Blok dengan luas area sebesar 5.808 kilometer persegi, dan tiga penemuan hidrokarbon ini telah diidentifikasi. Direktur Utama MedcoEnergi, Lukman Mahfoedz bilang, blok ini diperkirakan mempunyai kandungan minyak sebesar 370 juta barel minyak. 

"Blok ini akan memperkuat posisi MedcoEnergi di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, terutama di Oman.  Saya yakin kesuksesan operasi di KSF dapat diulang kembali di Blok Oman 56 ini," kata Lukman, dalam siaran pers.

Lukman mengklaim, Blok Oman 56 ini akan menambah portofolio aset internasional MedcoEnergi dengan aset yang telah ada saat ini di Oman, Libya, Yaman, Tunisia, USA, dan Papua Nugini. Sebagai gambaran, MedcoEnergi telah beroperasi di Oman sejak tahun 2006 sebagai operator Kontrak Jasa lapangan minyak Karim Small Fields (KSF). Lokasi Blok Oman 56, bersebelahan dengan KSF dan memiliki kesamaan geologi serta keuntungan sinergi operasi dengan KSF ke depannya. 

Editor: RI